Breaking News
Butuh jasa pembuatan website? Pengembang sistem informasi? Pembuatan aplikasi untuk bisnis/lembaga anda? Kunjungi kami di www.birotekno.com. Atau hubungi kami di 0896 0244 7846
Selasa, 11 November 2014

Perkembangan JarKom Sebagai Sarana Telematika

20.01
Jaringan komputer sangat penting pengaruhnya dalam kehidupan masyarakat global. tanpa adanya jaringan komputer kita tidak mungkin bisa terhubung dengan masyarakat secara  global dengan cepat dan efisien. Perkembangan jaringan komputer terdorong dari semakin besarnya keinginan dan kebutuhan masyarakat global untuk mendapatkan informasi secara cepat dan mudah untuk menunjang aktifitas sehari-hari. Mulai dari teknologi telepon genggam yang mengalami perubahan yang terbilang sangat cepat seperti Advanced Mobile Phone Services (AMPS), 1G, 2G, 3G, 3,5 G dan sampai sekarang sudah mencapai 4G. Serta Aplikasi canggih pendukung lainnya pada telepon seluler yang keseluruhan ditujukan untuk memudahkan dan melancarkan dalam berkomunikasi.
Dengan mudah dan lancarnya proses memperoleh informasi dan pengolahan data akan sangat membantu perkembangan diberbagai aspek dunia usaha, industri, pendidikan dan bidang lainnya. Tidak adanya batasan dimensi ruang dan waktu pada jaringan komputer menjadi kelebihan dan pembeda dengan teknologi lainnya. Globalisasi sangat terasa dengan adanya jaringan komputer.
Tata cara komunikasi dalam jaringan sangat penting dilakukan untuk dapat melakukan hubungan dari berbagai komputer dengan memperhitungkan kompatibilitas dengan cara komunikasi yang umum digunakan. Saat ini, tata cara komunikasi TCP / IP merupakan standar yang digunakan di jaringan komputer lokal.

TCP / IP merupakan perantara yang mengatur keterkaitan berbagai komputer dalam jaringan yang mencakup wilayah luas tanpa tergantung pada jenis saluran fisik yang digunakan. Keandalan jaringan diawasi secara seksama selama prosees komunikasi berlangsung. Berbagai penggunaan, seperti pengiriman surat elektronik dan tansfer file antarkomputer dapat dilakukan dengan mudah menggunakan TCP/IP.
Kemajuan teknologi komputer sebagai pengolah data berkembang semakin cepat. Sejak terjadi penggabungan teknologi komputer dengan teknologi komunikasi, maka pengolahan data yang semula saling terpisah antar unit computer sekarang dapat saling dihubungkan melalui system jaringan komputer. Karena jaringan computer secara sederhana merupakan hubungan antar komputer yang berjumlah dua atau lebih. Dengan adanya jaringan komputer ini akan membuat komputer dapat melakukan banyak hal dan dapat membantu efisiensi dan efektivitas dalam dunia kerja. Misalnya, dengan adanya jaringan komputer, maka tidak perlu lagi satu computer memiliki satu printer, tetapi dengan satu printer saja dapat digunakan oleh beberapa komputer secara bersama tanpa harus memindahkan printer tersebut setiap kali mencetak.
Selain itu manfaat lain dari adanya jaringan komputer adalah adanya pertukaran data, sehingga tidak perlu lagi menggunakan media penyimpan seperti disket atau flashdisk dalam melakukan pemindahan data. Perkembangan lain dari jaringan computer dari sisi bisnis adalah memanfaatkan pelaporan data dan monitoring perkembangan bisnis, seperti kontroling peningkatan target penjualan barang.


SUMBER:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer