Breaking News
Butuh jasa pembuatan website? Pengembang sistem informasi? Pembuatan aplikasi untuk bisnis/lembaga anda? Kunjungi kami di www.birotekno.com. Atau hubungi kami di 0896 0244 7846
Rabu, 29 April 2015

Profesi Sebagai IT Project Manager

16.52
Saya sangant termotivasi sekali untuk menjadi seorang proyek manger. Saya sangat menyukai tantangan proyek dan hubungan dengan customer. Itulah seorang proyek manager. Dimana seorang manager di tuntut oleh 2 sisi tanggung jawab. Pertama terhadap perusahaan dan tim. Dan yang kedua adalah terhadap customer/client. Untuk itu saya akan menjelaskan apa dan bagaimana peran seorang proyek manajer,

Definisi Project Management

Secara tradisional Manajemen Proyek dilihat sebagai perencanaan, penjadwalan dan pengendalian proyek untuk memenuhi tujuan proyek tersebut.Memanajemeni proyek sangat berbeda dengan memanajemeni perusahaan yang memproduksi barang konsumsi.Proyek mempunyai awal dan akhir yang jelas, sedangkan perusahaan tersebut secara berkesinambungan berproduksi.

"Project Management is the application of a collection of tools and techniques to direct the use of diverse resources towards the accomplishment of a unique, complex, one-time task within time, cost and quality constraints. Each task requires a particular mix of these tools, techniques and structures to fit the task environtment and life-cycle of the task." - Morris & Huogh, 1987.

Manajemen proyek adalah proses dimana tim bertujuan untuk menghasilkan produk yang sesuai atau melebihi permintaan dari pemberi tugas di dalam jangka waktu tertentu dan biasanya berada di dalam batasan sumber daya tertentu. Manajemen terhadap suatu proyek, perlu.Ditentukan tujuan akhir proyek secara tegas dan jelas. Diindentifikasi semua kegiatan yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan akhir tersebut. Dinyatakan dan ditentukan kaitannya dan pembatasan-pembatasan diantara kegiatan-kegiatan tersebut termasuk kaitan-kaitan serta pembatasan baik yang bersifat teknis maupun organisatoris. Diperhitungkan waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk melaksanakannya sampai proyek itu selesai. Mengadakan optimasi dalam pengalokasian penggunaan sumberdaya. Diusahakan adanya fleksibilitas dalam pelaksanaan proyek.

 Manajemen proyek diadakan untuk selalu dapat memegang kendali terhadap proyek, sedemikian rupa sehingga proyek :Dapat diselesaikan dengan memenuhi kualitas yang sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan. Dapat diselenggarakan dalam batas (target) waktu serta jadwal yang telah ditetapkan. Dapat diselesaikan dengan biaya yang serendah-rendahnya (sesuai dengan Rencana Anggaran Pelaksanaan).

 Project Manajer

Project Manager yang sukses adalah seseorang yang secara simultan harus mampu mengelola empat elemen dasar dari sebuah proyek: sumber daya, waktu, uang, dan yang perlu dipertimbangkan adalah faktor ruang lingkup. Semua elemen ini saling terkait dan setiap komponen harus dikelola secara efektif dan komprehensif

Faktor – faktor tersebut adalah :

 • Sumber Daya/ Resources misal: Orang, peralatan, bahan

• Waktu/Timemisal : Tugas jangka waktu, dependensi

• Uang/Money Misal : Biaya, kontinjensi, keuntungan

• Lingkup/scoup Misal : Ukuran proyek, tujuan, persyaratan

 Sebagian besar literatur tentang manajemen proyek berbicara tentang kebutuhan untuk mengelola dan menyeimbangkan tiga unsur: orang, waktu, dan uang. Namun, elemen keempat adalah yang penting dan itu adalah tugas pertama dan terakhir bagi seorang manajer proyek yang sukses.Pertama dan terpenting adalah harus mengatur ruang lingkup proyek.

Ruang lingkup proyek adalah definisi proyek apa yang seharusnya dicapai dan anggaran (waktu dan uang) yang telah dibuat untuk mencapai tujuan tersebut. Hal ini mutlak penting bahwa setiap perubahan lingkup proyek akan berpengaruh pada perubahan yang cocok dalam anggaran, baik waktu atau sumber daya.

Sebagai contoh, jika lingkup proyek adalah untuk membangun sebuah gedung untuk rumah dua lantai dengan anggaran sebesar 250 juta rupiah.Manajer proyek diharapkan untuk melakukan itu.Namun, jika ruang lingkup diubah ke suatu bangunan untuk satu lantai, manajer proyek harus mampu melakukan perubahan yang tepat pada sumber daya yang dianggarkan.Sehingga tidak mengganggu jalannya proyek.Di sinilah kemampuan menyesuaikan dengan sumber daya yang ada oleh seorang manajer proyek dibutuhkan.Anda tidak dapat secara efektif mengelola sumber daya, waktu dan uang dalam sebuah proyek kecuali jika tidak secara aktif mengelola lingkup proyek.

Mengapa Project Management Begitu Penting?

Pentingnya Project Management saat menjadikan topik ini yang penting karena semua perusahaan, baik itu kecil atau besar, pada satu waktu tertentu pasti ingin mengembangkan usaha baru.Usaha – usaha yang dilakukan mungkin beragam, seperti, pengembangan produk atau jasa baru, pembentukan jalur produksi baru di perusahaan manufaktur; kampanye promosi hubungan masyarakat; atau program bangunan utama. Sementara pada tahun 1980-an cenderung kearah kualitas dan tahun 1990 umumnya tentang globalisasi, sedangkan pada tahun 2000 adalah tentang kecepatan. Artinya, untuk selalu menjadi yang terdepan diantara pesaing mereka, perusahaaan secara terus menerus dihadapkan dengan perkembangan kompleks sebuah produk, layanan dan proses dengan sangat singkat waktu sebagai jendela pasar yang dikombinasikan dengan kebutuhan untuk lintas fungsional keahlian. Dalam skenario ini, Project Management menjadi alat yang sangat penting dan kuat di tangan perusahaan yang memahami penggunaannya dan memiliki kompetensi untuk menerapkannya.

Mengapa Project managementbegitu penting bagi perusahaan?Tidak ada keraguan bahwa perusahaan saat ini menghadapi persaingan yang lebih agresif daripada di masa lalu dan lingkungan bisnis yang mereka jalani sangat bergejolak.Skenario ini telah meningkatkan kebutuhan untuk akuntabilitas sebuah perusahaan untuk sektor swasta maupun publik, yang mengarah atau lebih fokus lebih besar terhadap permintaan untuk efektivitas dan efisiensi operasional.Efektivitas dan efisiensi dapat difasilitasi melalui pengenalan praktik terbaik yang mampu mengoptimalkan pengelolaan sumber daya perusahaan.Telah ditunjukkan bahwa operasi dan proyek yang berbeda dengan setiap teknik membutuhkan manajemen yang berbeda. Oleh karena itu, dalam lingkungan proyek, project managementsangatlah berguna. Berikut adalah dua manfaatnya. Pertama dapat mendukung pencapaian proyek dan tujuan organisasi, yang kedua adalah dapat memberikan jaminan yang lebih besar kepada stakeholder bahwa sumber daya akan dikelola secara efektif.

Sebenarnya sejarah mencatat bahwa project management bukanlah hal yang baru dalam dunia bisnis karena hal ini telah dipraktekan atau di lakukan selama ribuan tahun oleh bangsa Mesir. Hal ini mulai diterapkan kembali oleh perusahaan–perusahaan di pertengahan tahun 1950, mereka mulai menerapkan berbagai hal mengenai project management secara formal da teknis untuk proyek proyek yang kompleks.

Project management harus dipandang sebagai alat yang membantu perusahaan untuk melaksanakan proyek-proyek yang ditunjuk secara efektif dan efisien.Namun tentu saja penggunaan alat ini tidak secara otomatis menjamin keberhasilan proyek.Penyebab kegagalan seperti tidak tepat waktu, tidak sesuai anggaran dan kualitas kinerja yang diharapkan dapat diatasi dengan penerapan praktek project management karena kegagalan untuk tidak tepat waktu, tidak sesuai anggaran dan kualitas kinerja yang diharapkan tidak selalu berarti bahwa proyek itu sendiri gagal.

Tugas dan Tanggung Jawab Project Manager

Peran dari seorang Project Manager

Seorang project manager mempunyai tanggung jawab dan tugas yang bermacam-macam, tidak hanya terfokus pada hal-hal yg teknis sifatnya.Bagaimana layaknya seorang project manager harus mempunyai kemampuan membuat tim proyek agar tetap solid, mampu memonitor dan mengontrol budget dengan membuat bar chart & critical path serta mempunyai kemampuan analisis resiko yang baik.

Berikut kita jabarkan peran dari seorang project manager dari 3 sudut pandang :

1. Tanggung Jawab yang dimiliki seorang Project Manager

2. Tantangan yang akan dihadapi seorang Project Manager

3. Skill yang di butuhkan seorang Project Manager

Tanggung Jawab seorang Project Manager Tanggung Jawab seorang Project Manager terdiri dari 4 (empat) cakupan antara lain :

1. Proyek

2. Organisasi

3. Tim Kerja

4. Project Manager itu sendiri

Setiap tanggung jawab mempunyai fokus dan peran yang sedikit berbeda. Salah satu yang paling nyata adalah, tanggung jawab terhadap proyek, Seorang Project Manager harusmengontrol proyek yang ditanganinya. Proyek harus selesai sesuai dengan budget, sesuai dengan spesifikasi, dan waktu.Ke tiga aspek itu harus dipenuhi oleh seorang Project Manager.

Seorang Project Manager juga mempunyai tanggung jawab terhadap organisasi. Proyek yang ditangani harus mempunyai return yang nyata terhadap organisasi. Taat kepada setiap kebijakan yang di keluarkan organisasi, harus mengambil keputusan dengan wewenang yang terbatas dari organisasi, dan juga kadang-kadang seorang Project Manager juga harus mengambil keputusan yang bukan yang terbaik bagi poyek tetapi terbaik buat Organisasi.

Seorang Project Manager juga harus mempunyai tanggung jawab tehadap tim kerja yang di pimpinnya. Memang tidak mudah tanggung jawab yang harus di penuhi terhadap tim kerja. Seorang Project Manager harus memberikan feedback dari hasil pekerjaan proyek jika diperlukan, memberikan perhargaan terhadap anggota tim proyek yang mempunyai prestasi yang baik, dan tantangan yang paling sulit adalah menyeimbangkan antara kepentingan anggota tim, kepentingan tim, dan kepentingan proyek.

Tanggung jawab Project Manager yang terakhir adalah tanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Tanggung jawab ini tidak pernah di diskusikan di setiap buku project management, tapi ini penting, khususnya jika kamu sudah memilih project manager sebagai profesi yang kamu tekuni. Jika perusahaan mendukung karir anda sebagai proyek manager, beruntung bagi anda, dan selamat saya ucapkan !!.Jika tidak tentu ini menjadi masalah yang besar bagi anda.Skill yang diperlukan bagi seorang Project ManagerUntuk melaksanakan tanggung jawab yang telah dijabarkan diatas, seorang project manager perlu memiliki skill yang bermacam-macam. Jadi skill dan kemampuan apa saja yang diperlukan bagi seorang Poject Manager agar bisa menjalankan proyek secara efektif?.

Gary Heerken ( 2002) mengkategorikan skill & pengetahuan yang diperlukan seorang Project Manager menjadi 4 (empat) kategori :

1. Project Management process skill

2. Interpersonal & behavioral skill

3.Technology management skill

 4. Desire personal traits

Project Management Process skill

Skill Proses manajemen proyek, bisa di sebut hard skill merupakan pengetahuan dan keahlian yang berhubungan dengan mekanisme dari manajemen proyek.Seorang Project Manager harus bisa menguasai teknik, tools manajemen proyek dan teknologi yang bisa diaplikasikan di proyek. Contohnya seorang project manager harus bisa membuat work breakdown structure, membuat network diagram, dan bisa mempersiapakan dokumen-dokumen yang diperlukan klien.

Interpersonal dan Behavioral skillMemimpin proyek berarti mengatur dan menyelesaikan segala sesuatu melalui orang lain. Seorang Project manager harus mempunyai Interpersonal & Behavioral skill yang baik, bisanya disebut soft skill. Behavioral skill meliputi : gaya (style), Kelakuan pesonal (personnal conduct), dan pendekatan (approach).

Technology Management SkillBanyak proyek yang melekat pada yang namanya teknologi. Teknologi menuju kepada proses dari proyek. Sebagai contoh, proses itu mencakup : pengembangan software, proses kimia, atau konstruksi komersial. Kemampuan kita mengkoordinasi proses teknologi ini sangat penting jika ingin menjadi seorang project manager. Beberapa skill manajemen teknologi yang perlu dikuasai leh seorang Project Manager yaitu :

1. kemampuan dalam teknologi proyek

2. Kemampuan dalam mendukung teknologi area

3.Pengetahuan tentang industry

4.Kemampuan dalam mempersiapkan spesifikasi teknis secara kompreshensif

5.kemampuan dalam disain

6. Pengetahuan produk

7. Pengetahuan tentang proses

8. Manajemen properti

 Desired Personal Skill

Banyak studi yang meneliti korelasi antara ciri personal project manager dengan kesuksesan project manager. Walaupun hasil studi juga menunjukkan hasil yang berbeda, tetapi ada beberapa ciri yang dominan antara lain :

1. Kejujuran dan integritas

2. Berpikir seperti seorang generalis

3.Toleransi terhadap sifat ambiguitas

 4.Toleransi terhadap ketidakpastian

5.Keyakinan yang tinggi

6.Tegas

7. Orientasi pada proses

 8. Percaya diri/reflektif

 9.Terbuka dan mudah di akses

10. Cerdas

Seorang project manager adalah project manger yang mempunyai kemampuan di lapangan, dan diatas kertas, kemampuan dlam memimpin timproyek. Seorang project manager yang sukses juga harus menguasai proses manajemen proyek, kemampuan dalam mengaplikasi teknologi, mempunyai interpersonal dan behavioral skill. 


Sumber :  Wikipedia

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer