Breaking News
Butuh jasa pembuatan website? Pengembang sistem informasi? Pembuatan aplikasi untuk bisnis/lembaga anda? Kunjungi kami di www.birotekno.com. Atau hubungi kami di 0896 0244 7846
Senin, 05 November 2012

Komunikasi Organisasional #1


              Komunikasi dalam hampir semua organisasi secara jelas merupakan suatu proses dinamik. Penyampaian informasi dan pemahaman atas informasi dari suatu unit (pengirim)ke unit lain (penerima) tidak hanya vital dalam perumusan dan implementasi tujuan – tujuan organisasional tetapi juga merupakan peralatan dan sarana penting melalui mana kegiatan-kegiatan organisasional lainnya dilaksanakan. Karena pendelagasian wewenang dan  tanggung jawab ditempuh dan pengelompokan (grouping dan subgrouping) kegiatan – kegiatan dibedakan, kooordinasi (output) masing- masing unit kerja menjadi kegiatan yang semakin kompleks, dimana hal ini hanya dapat dicapai dengan komunikasi. Pengelompokkan kegiatan-kegiatan  juga mengarahkan perusahaan – perusahaan untuk mengembangkan karakteristik – karakterisitik struktural tertentu yang seperti akan dibahas di belakang, akan memberikan pengaruh lebih lanjut pada komunikasi organisasional.
            Komunikasi juga berfungsi sebagai peralatan – peralatan utama denagn mana suatu organisasi secara sukses atau tidak sukses berhubungan dengan lingkungan tugasnya. Komunikasi adalah usaha mendorong oranglain menginterprestasikan pendapat seperti apa yang dikehendaki oleh orang yang mempunyai pendapat tersebut. Dengan komunikasi diharapkan diperoleh titik kesamaan saling pengertian.
            Seperti diketahui memimpin itu mengusahakan melalui orang lain agar segala sesuatu itu terlaksana seperti diharapkan. Kegiatan ini memerlukan komunikasi, tentu saja komunikasi yang baik dan tepat. Orang harus dapat mengirimkan berita yang jelas dan dimengerti oleh orang lain. Selanjutnya berita tersebut diterima dengan baik dan diikuti untuk dilakasanakan  oleh orang lain. Ini selanjutnya menimbulkan sikap dan moral berorganinsasi yang baik. Akhirnya orang akan dapat mempengaruhi orang lain secara otomatis dan proses berorganisasi berjalan dengan sendirinya.
            Berikut ini akan ada tabel yang menunjukkan konteks dan tipe – tipe  komunikasi yang dibahas, serta pengaruh – pengaruh utama pada perpindahan informasi. Setiap tingkatan analisis, ada sejumlah variabel - variabel komunikasi, individual, organisasional dan lingkungan yang harus di perhatikan. Pembahasan akan dimulai dengan meninjau kembali dan menguraikan macam – macam tujuan kegiatan komunikasi, proses dan pola, serta saluran komunikasi dalam suatu organisasi, terutama menyangkut ciri – ciri dan implikasi – implikasi aliran vertikal horizontal dan diagonal dalam hubungannya dengan komunikasi efektif.

Tabel
Konteks Komunikasi, Tipe – tipe Komunikasi , dan Pengaruh – pengaruh Utama pada Transmisi Informasi.
Konteks Komunikasi
Tipe Komunikasi
(Tingkatan analisis)
Pengaruh – pengaruh utama pada Transmisi Informasi

Independen  dari (tidak tergantung kepada) organisasi

Dalam Organisasi








Eksternal ke organisasi individual






a.       Antar Pribadi


a.       Antar Pribadi




b.      Antarunit (satuan) kerja



a.  Antar organisasi

     b.  Organisasi lingkungan

a.       Perwujudan kognitif dan aturan – aturan dan norma – norma sosial.
b.      Aturan –aturan dan norma-norma organisasional ditambah norma – norma sosial yang dapat diterapkan.

b.  Hubungan – hubungan   antar departemen, akibat – akibat agregat pertukaran informasi.

a.  Hubungan – hubungan di antara berbagai organisasi.
b. Komponen – komponen dilingkungan

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer